Blog

Uncategorized

Selamat Ulang Tahun PDAM Bone Bolango

Terus berkembang – PDAM Bone Bolango kian menunjukan kelasnya. Diperingatan Ulang Tahun ke 6, PDAM Bone Bolango kian energik, kerja maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Bone Bolango. Selamat Ulang Tahun PDAM Bone Bolango, teruslah berkarya. Tampak Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone foto bersama dengan direktur serta karyawan PDAM.  (foto 1) Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati pada HUT PDAM itu juga dimaksimalkan oleh karyawan PDAM untuk berselfi bersama dengan pimpinan daerah Bone Bolango (foto 2,3) (Foto : Adit/Humas)

Uncategorized

Semarak HUT Kemerdekaan RI ke 72

 

Semarak Kemerdekaan- Semua ambil bagian dalam merayakan kemerdekaan Indonesia ke 72. Termasuk TK dan Paud se Kecamatan kabila yang dengan semangat mengikuti pawai kemerdekaan. (foto : ADIT/HUMAS)

Uncategorized

Giatkan Pemerataan Informasi Ketaspenan

Kacab Taspen Gorontalo Silaturahmi Dengan Bupati

DSCF7427
Bupati Hamim Pou bersama Kepala Cabang Taspen Gorontalo Karem.  (Foto:Onal/Humas)

Kepala Cabang Taspen Gorontalo Karem, Selasa (16/8) silaturahmi dengan Bupati Bone Bolango Hamim Pou di rumah dinas Bandayo Bone Bolango. Kedatangan Karem sekaligus menjalin komunikasi dalam rangka pemerataan informasi soal ketaspenan.

Karem kepada Bupati Hamim Pou mengatakan, Taspen Gorontalo berupaya untuk memberikan informasi kepada seluruh PNS Bone Bolango terkait program dari Taspem. “Taspem Gorontalo berupaya memberikan pemerataan informasi ketaspenan, lewat sosialisasi kepada PNS Bone Bolango,” ujar Karem dan mengatakan, sinergitas dengan pemerintah daerah Bone Bolango sangat diharapkan sehingga bisa memberikan informasi kepada guru-guru serta serta seluruh PNS tentang program dari Taspen.

Bupati Hamim Pou pada kesempatan tersebut pun merespon baik rencana dari Kacab Taspen untuk mensosialisasikan program dari Taspen. “Nanti akan ditindak lanjuti, ini penting untuk pengetahuan PNS soal Taspen, tentunya akan dikoordinasikan dengan BKPPD dan Diknas untuk pelaksanaanya,”ujar Bupati.

Sementara beragama informasi yang dirangkum Taspen, yang merupakan kepanjangan adri Tabungan dan Asuransi Pensiun adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Dimana pada perkembanganya PT Taspen bersinergi dan berinovasi untuk semakin memudahkan layanan TASPEN melalui SAHABAT LATANRO (Sejahtera Berkat Layanan Taspen Persero), peserta diberikan kemudahan dengan berbagai macam layanan TASPEN diantaranya Layanan Klim 1 Jam, Layanan Klim Otomatis, SIMGAJI TASPEN serta ada jenis layanan lainnya seperti Mobil Layanan TASPEN, Office Channeling, SMS Notifikasi, dan Taspen Moblie Application. (hms)

 

 

 

 

Uncategorized

UIG Gandeng Pemda Bangun Pendidikan di Bone Bolango

 

Bupati Hamim Pou selalu terbuka untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Bone Bolango. Salah satunya lewat kerja sama dengan pihak universitas. Setelah ITB, UGM dan UNG, universitas Ichsan Gorontalo pun melayangkan proposal kerja sama dengan pemerintah kabupaten Bone Bolango.

Rabu (16/8) Bupati Hamim Pou kedatangan perwakilan dari UIG di Bandayo Bone Bolango. Bupati didampingi Kabag Humas dan Protokoler Rizal Djunaid menerima secara langsung perwakilan dari Unisan, Bupati merespon baik permohonan kerja sama dengan UIG, apalagi dalam upaya memajukan pendidikan di Kabupaten Bone Bolango. Bupati pun diundang untuk memberikan kuliah umum di UIG.

“Persoalan pendidikan menjadi salah satu sektor priorias dalam pembangunan di Bone Bolango,” ujar Bupati dan mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan ragam universitas untuk memajukan dunia pendidikan di Bone Bolango. Termasuk, upaya-upaya yang dilakukan agar UNG bisa membangun kampusnya di Bone Bolango.

Kondisi saat ini di Kabupaten Bone Bolango jelas Bupati terdapat beberapa sekolah unggulan di Provinsi Gorontalo seperti MAN Insan Cendekia, SMA Wirabakti dan nanti ada SMK Yadika yang sementara dalam tahap pembangunan.

“Pemerintah daerah memang lagi fokus mengurus dunia pendidikan jadi bagian dari lima sektor utama yang menjadi prioritas seperti pengembangan pariwisata, pertanian dan peternakan, serta kesehatan,” ujar Bupati.

 

 

 

 

Uncategorized

KKNK Gali Potensi Pinogu

Buat Pupuk Organik Hingga Gelar Bimbel Setiap hari

 

DSCF7082

Peserta KKN Kebangsaan (KKNK) di Kecamatan Pinogu sibuk gali potensi. Untuk peserta KKNK di Desa Dataran hijau semua bidang diekplorasi. Mulai dari pertanian, perikanan, bimbel bagi warga hingga periksa kesehatan gratis dan sosialisasi kesehatan.

Sebanyak enam orang peserta KKN Kebangsaan di Desa Dataran hijau yang terdiri dari 3 dari universitas luar Gorontalo dan 3 lainnya dari Gorontalo. Ke enam peserta KKN Kebangsaan masing-masing, Oni Nur Rasjiatmi dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta Afrian Setiawan Azis Fakutltas Fisip Unmus Merauke, Agung Anwar Fatek Universitas Negeri Gorontalo Anisa  Naziha Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret dan Maskun Albakir Fakultas Keperawatan UMG.

Berdasarkan pantawan hampir seluruh peserta KKNK di Desa Dataran Hijau memberikan sumbangsinya pada Desa. Dari Jurusan kedokteran memberikan pemeriksaan gratis hingga penyuluhan kesehatan, dari perikanan membangun kolam ikan dengan memaksimalkan lahan dan sumber air disana, begitupun halnya dengan peserta KKN dari jurusan admistrasi pun membantu dalam pengelolaan administrasi desa.

Anisa Naziha didampingi Sekretaris Desa Dataran Hijau Nurdin Maini menceritakan kegiatan dan program di Desa Dataran Hijau, Anisa mengatakan, di Desa Dataran Hijau Kecamatan Pinogu ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Untuk KKN K disini, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan yakni, bimbingan belajar di Posko KKN setiap malam, memperbaiki administrasi desa, pembuatan pupuk organik dan pemeriksaan kesehatan.

Sekertaris Desa Nurdin Maini mengatkaan, kehadiran KKN Kebangsaan di Desa Dataran Hijau tentu memberikan angin segar bagi warga. Mereka ke enam peserta KKN K selalu kompak dalam mengerjakan setiap kegiatan yang telah direncanakan. Seperti halnya dalam pemeriksaan kesehatan oleh Anisa dari fakultas kedokteran UNS dibantu oleh rekan-rekanya meski dari disiplin ilmu yang berbeda. “Begitupun halnya dengan mahasiswa dari fakultas perikaan yang membuat kolam untuk ikan air tawar, semua turut mebantu dalam mensukseskan program yang dierencanakan,”jelas Nurdin dan mengatakan, di Pinogu banyak potensi yang siap dikembangkan salah satunya jelas penggiat pertanian ini adalah kelapa batu yang disebut-sebut menjadi tumbuhan khas dari Pinogu yang bisa digali lagi potensinya.

DSCF7078

 

 

Uncategorized

Ojek Pinogu 101 (the driver, kebersamaan dan bengkel dalam karung)

Sebagaimana Roma, ke Pinogu bisa dengan banyak cara, pertama jalan kaki,  kedua naik helikopter, ketiga naik kuda (kalau punya kuda), keempat naik Ojek, tinggal pilih mau gunakan yang mana. Kali ini, kita akan banyak bercerita soal ojek, tukang ojek dan perjalanan menggunakan ojek pinogu.

Ojek, sebagai moda transportasi khas, saat ini populasinya sudah lebih dari 100 tukang ojek baik yang berasal dari warga Pinogu maupun dari Desa Tulabolo dan sekitarnya. Padahal awalnya hanya beberapa pemuda punya nyali lebih, skil mumpuni serta kemampuan otak-atik motor yang bisa ke sana. Namun dalam perkembangan sudah ojek ke Pinogu sudah banyak ditemui. Tetapi, bukan berarti syarat nyali dan kemampuan skil sudah bisa di skip. Alasanya medannya masih sama. Hanya cuaca yang bisa mempengaruhi harga ojek ke Pinogu yang disebut-sebut ongkosnya mencapai Rp 500ribu sekali jalan padahal jarak antara Pinogu dan Tulabolo hanya berkisar 40 km. Kalau musim hujan, harganya bisa selangit, karena kondisi jalan yang rusak berat dengan resiko yang tingga, dan sebaliknya akan turun harga jika musim panas sehingga membuat jalan yang tidak lagi berlumpur. Entah, tukang ojek disana pilih kondisi yang mana.

tulabolo pinogui
Jarak Tulabolo-Pinogu (Sumber Google)

Ojek Pinogu

Istilah ojek (juga disebut ojeg) dari situs wikkipedia  adalah transportasi umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpang.[1] Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan sopirnya dahulu setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.

Bagaimana dengan ojek di Pinogu?. Sama, disana masih menggunakan sepeda motor, ada pengendara dan tentu penumpang ojek. Tetapi sepeda motornya beda. Dimodifikasi untuk kondisi ekstrim. Hampir hanya rangka motor, sadel dan ban yang tersesisa. Bodi, rem kaki diangkat, porsneleng dimodif, tempat kaki pun demikian knalpotot diganti.

DSCF7024
Ojek Pinogu, menggunakan sepeda motor yang dimodifikasi. Bannya harus trail, stang motornya harus tinggi.

Medan yang harus dilalui tukang ojek cukup berat. Karena lokasinya di taman nasional Nani Wartabone membuat kondisi jalan tidak mulus. Kata Agi (21) ojek Pinogu yang dikendarai Humas Bone Bolango pun bertutur ada beberapa titik jalan ekstrim sepanjang akses Pinogu-Tulabolo. Akses pemberhentian disetiap lokasi kata Agi disebut dengan istilah sabua, mulai dari pemberhentian pertama disebut sabua satu hingga sabua dua belas tempat penyebrangan jembatan Pohulongo. Dan titik pemberhentian sabua 11 dan sabua 12 adalah puncaknya. Kata Agi, jika musim hujan butuh berjam-jam hanya untuk melewati dua tempat itu.  Selain skil individual, syarat utama menjadi ojek Pinogu adalah kebersamaan. Pantang meninggalkan teman yang lagi bermasalah. prinsip itu tetap dipelihara, sehingga rombongan ojek harus tetap saling membantu sepanjang jalan.

DSCF7115
Salah satu kondisi jalan akses Tulabolo-Pinogu

Agi the driver

Saatnya bicara man behind the gun, sang tukang ojek Pinogu. Motornya boleh siap tempur dengan kondisi segala medan. Namun salah satu faktor penentu adalah tukang ojeknya. Agi warga Tulabolo bersama bapaknya yang juga berprofesi sama mengantar tim Humas untuk lawatan ke Pinogu. Agi berperawakan sedang, dengan potongan rambut yang kekinian.  Namun, Agi yang mengaku sudah diajak jelajah Pinogu sejak duduk di bangku SMP itu piawai dalam mengendarai sepeda motornya. Meski tanjakan dan jalan licin, Agi mampu melintas dengan mudah. Bukan berarti perjalanan selalu mulus.

DSCF7131
Agi dan sepeda motornya

Perna jatuh? kata penulis. Beberapa kali kata Agi, bahkan Agi pernah jatuh dijurang saat mengantar barang ke Pinogu. Beberapa kali juga ditempat lain. Tapi itu tentu tidak menyurutkan semangat, ojek pinogu tetap jadi profesi.

Kebersamaan dan Bengkel Kecil Dalam Karung

Seperti Agi, rata-rata tukang ojek Pinogu memiliki skil mumpuni dan nyali yang menjadi syarat utama jadi pengendara ojek Pinogu.  Walau begitu satu hal penting adalah kebersamaan dan saling menolong. Memang sama-sama sesama pengendara ojek punya kebutuhan, semua ingin cepat sampai tujuan. Ada keluarga yang menunggu di rumah. Ada penumpang yang harus sampai tepat waktu. Tapi, itu nomor sekian. Keselamatan bersama dijalan adalah tanggung jawab bersama. Mereka (ojek pinogu) akan bergerak cepat ketika dihadapan mereka ada pengendara lain yang jatuh karena berat beban yang melebihi kapasitas. Akan membantu perbaiki motor yang rusak ketika ban motor temannya bermasalah, apalagi rata-rata mereka punya ‘bengkel’ dalam karung kecil yang diikat didepan stang setirnya.

DSCF7014
Perelatan bengkel yang dilipat dalam karung kecil. Jadi bekal setiap hari

Setiap memulai perjalanan pasti tukang ojek Pinogu akan memeriksa dulu kondisi tunggangannya, kondisi ban dan persoalan teknis lain. Tetapi, dilapangan kadang bicara lain. Beratnya medan membuat apa saja bisa terjadi, cakram rem yang sudah aus ban motor yang tiba-tiba bermasalah hingga harus jatuh di rel yang terjal jadi persoalan keseharian.

Seperti kejadian kemarin, tiba-tiba rem tidak lagi berfungsi. Agi pun sigap. Di aliran sungai semua diperbaiki. Dengan licah tangan Agi mulai membuka perkakas bengkel milik bapaknya yang saat itu juga sedang bertugas bersama.

“Cakramnya aus,” kata Agi. Sambil tetap sibuk mempreteli sepeda motornya untuk diperbaiki.

 

Bukan hanya motornya, salah satu sepeda motor pun diperbaiki Agi, prinsip saling tolong menolong ini menjadi kode etik tidak tertulis jika mau menjadi ojek Pinogu.

Seperti kejadian di salah satu persinggahan. Posisi saat itu di puncak gunung sabua 10, posisinya dekat dengan air terjun tempat tukang ojek istrahat ketika harus berjibaku dengan medan berat. Tiba-tiba muncul dua ojek yang membawa bawaan yang cukup banyak, saking banyaknya kira-kira hanya kepala sang tukang ojek saja yang bisa kelihatan. Bagian depan dan belakang sepeda motor sudah penuh dengan barang bawaan. Praktis sang tukang ojek harus bisa mengendalikan motornya jalan sudah penuh rel dan licin, tiba-tiba brakk. Tukang ojek dengan sepeda motornya jatuh. Tanpa komando, tukang ojek yang saat itu sementara istirahat langsung buru-buru menolong.

Belum lagi ditempat lain ada pengendara ojek yang sementara memperbaiki ban sepeda motornya, tampak pengendara ojek lain berupaya membantu hingga sepeda motornya jalan lagi.

 

Kata Agi, budi akan berbalas. Kalau meninggalkan orang yang lagi kesusahan di jalan kita nanti akan ditinggalkan juga kalau lagi kesulitan di jalan. 🙂 Benar Gi, karena kebaikan tidak akan pernah kalah. (***afik)

Uncategorized

Di Desa Meranti, Ciptakan Selai Dari Kulit Pisang

Selai kulit pisang meranti

KKN Kebangsaan 2017 Adu Inovasi

 

 Tantangan Bupati Hamim Pou agar mahasiswa KKN
Kebangsaan 2017 di Kabupaten Bone Bolango untuk berkarya
membangun desanya mulai nampak. Dibeberapa Desa yang menjadi
posko KKN kebangsaan, para mahasiswa seperti beradu ide,
berinovasi membangun desa.
Di pesisir Bone Bolango misalnya, peserta KKN Kebangsaan
melestarikan lingkungan lewat budidaya terumbu karang hingga
menemukan destinasi spot terumbu karang menarik yang belum di
eskpose.
Di Desa Meranti Kecamatan Tapa pun terbilang menarik, Meraka
menciptakan selai dari kulit pisang untuk dikembangkan di desa
Meranti.
Kegiatan ini didukung penuh oleh SKPD Pendamping Bagian Umum
Setda Bone Bolango.
Kabag Umum Friske Aryanti Usman mengatkan, inovasi yang
dilakukan peserta KKN Kebangsaan untuk mengolah sampah kulit
pisang menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi jadi perhatian kami
selaku SKPD pendamping. Harapannya tentu apa yang dihasilkan
bisa berkelanjutan, masyarakat Meranti bisa mengelolah sendiri
kulit pisang menjadi selai. “Sudah kami coba dan rasanya enak,”
ujar Kabag Umum dan mengatakan para mahasiswa KKN Kebangsaan ini
sudah diantar ke Dinas Perindag Bone Bolango untuk bisa bertukar
pendapat soal produk selai dari kulit Pisang ini. “Kali-kali
bisa menjadi produk lokal baru kebanggaan Bone Bolango”ujar
Kabag Umum dan mengatkaan, dari hasil bincang-bincang dengan
Koperindag ada beragam ide disampaikan diantara mencoba
menggunakan gula aren khas Daerah Bone Bolango sebagai pengganti
gula pasir yang digunakan dalam menggunakan selai kulit pisang meranti.