Pembangunan, Pemerintahan, Uncategorized

Pemkab Bone Bolango Gelar Bimtek e-Monep Berbasis Website

 

BONE BOLANGO – Pemkab Bone Bolango melalui Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setda Kabupaten Bone Bolango menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) Elektronik Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (e-Monep) berbasis website tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2017 dan dibuka secara resmi Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, bertempat di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo, Kamis (2/2).
Sekda Ishak Ntoma mengatakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) menjadi komitmen bersama pemerintah daerah untuk mewujudkan pelayanan publik dengan berdasar pada azas-azas umum pemerintahan yang baik.“Azas-azas yang dimaksud adalah kepastian hukum, tertib penyelenggara negara, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektifitas dan keadilan,”katanya.
Sekda mengungkapkan besarnya APBD Bone Bolango saat ini sangat membutuhkan komitmen bersama untuk melakukan akselerasi penyerapan anggaran dan percepatan pelaksanaan pembangunan daerah. Sehingga perputaran ekonomi masyarakat terus meningkat dengan memperkuat sistem perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, ketahanan pangan, peningkatan infrastruktur desa dan layanan dasar publik.
Sekda menjelaskan berkenaan dengan percepatan penyerapan anggaran dan pelaksanaan pembangunan fisik, diakuinya dalam pelaksanaannya tak terlepas dari beberapa permasalahan yang menjadi kendala, antara lain proses pelelangan yang lambat, penyiapan dan ketersediaan lahan, kurang solidnya manajemen pengadaan barang dan jasa.
Selain itu, lambatnya pengumpulan data monep (monioring, evaluasi dan pelaporan), kurangnya SDM pengelola pengadaan barang dan jasa pada SKPD, dan belum optimalnya pengendalian internal terhadap anggaran dan pelaksanaan program dan kegiatan.
Berdasarkan permasalahan tersebut, tambah Sekda Ishak Ntoma penerapan e-Monep berbasis website sangat penting untuk mendukung percepatan penyerapan anggaran dimana pengendaliannya dilakukan oleh Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA).”Diharapkan ini dapat membantu semua penanggung jawab dan pelaksana program dan kegiatan SKPD untuk melakukan pengendaliannya dan mempercepat proses peyerapan anggaran,”tandasnya.
Sebelumnya Kabag Ekbang Setda Bone Bolango, Lukman A. Daud didampingi Kasubag Monitoring Evaluasi Titien Olii, dan Admin e-Monep Ikhsan Bonggi, menjelaskan tujuan kegiatan Bimtek itu adalah untuk meningkatkan pemahaman Pimpinan SKPD dan pengelola e-Monep berbasis website dalam upaya evaluasi percepatan penyerapan anggaran dan pembangunan fisik serta percepatan pelaksanaan barang dan jasa tahun 2017.
Selanjutnya, memudahkan dan mempercepat penginputan data e-Monep, meningkatkan skill dan keterampilan bagi pengelola e-Monep SKPD, memudahkan monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran serta pelaporannya yang cepat dan update, dan mempercepat pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa.
“Bimtek ini diikuti para Kasubag Perencanaan sebanyak 28 orang dan Staf Entry 53 orang dari SKPD dan Kecamatan.”Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 2-3 Februari 2017 di Hotel Maqna Gorontalo,”jelasnya. (Hms/Kadir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s